cara pemijahan budidaya ikan gurame

cara pemijahan budidaya ikan gurame  (osphronemus gouramy). gurame tidak lain ialah jenis ikan konsumsi bergizi tinggi yang diantaranya jenis ikan air tawar dengan daya tahan badan yang tinggi. gurame atau osphronemus gouramy mempunyai bentuk baserta pipih lebar, area punggung berwarna merahsawo serta area perut berwarnakekuningkuningan/ keperak-perakan. ikan gurame tidak lain ialah keluarga anabantidae, keturunan helostoma serta bangsa labyrinthici. guramme bisa tumbuh baik dengan ketinggian 20-400 m dpl. gurame beliah dibudidayakan tetetapi did dataran tinggi sekitar 800 m dpl ikan gurame lebih memilih lambat peningkatannya.

perduduk perkaraan pembenihan ikan gurame

berikut ini seareakah perduduk perkaraan yang acapkali dijumpai dalam bisnis pembenihan ikan gurami :

  1. induk malas memijah

induk gurami yang sudah matang gonad kasertag-kasertag tak mau memijah. hal ini searea besar diyang akan terjadikan pharapanl keadanyaan lingkungan kolan yang tak nysafe bagi insedihn atau insedihn belum benar-benar matang gonad. cara mengatasinya tidak lain ialah dengan memijahkan induk yang benar-benar sudah matang gonad serta kolam pemijahan jangan terlantas pistiistiadanyat, cukup 40 ekor/1000 m2 atau mampu juga dengan perbandingan 3 betina : 1 jantan buat kolam dengan ukuran 4m x 3m.

  1. jumlah telur sedikit

hal ini mampu dialimpiannnyakan oleh usia induk yang terlantas belia. buat mengatasinya tidak lain ialah dengan mengfungsikan induk jantan yang  sudah berusia 4 tahun serta induk betina yang berusia 3 tahun.

  1. telur tak menetas

telur yang tak menetas mampu dialimpiannnyakan oleh nilai mutu induk yang kurang indah serta penanganan sarang yang salah sesampai telur meninggal. hal ini bisa diselesaikan dengan pengfungsian induk yang nilai mutunya benar-benar memenuhi syarat sesampai telur yang diresultkan indah mutunya serta tak mengangkat baskom atau ember begitu saja akan tetetapi sarang diangkat bersetara dengan air kolam pemijahan supaya telur tak terkontaminasi dengan udara luar.

  1. badan benih berwarna hitam

keadanyaan ini dialimpiannnyakan oleh permharapanlahan velvet yang mengdampakkan kulit benih menjadi berwarna gelap serta berlendir. pemicunya tidak lain ialah pharapanl suhu air penetimpiann terlantas rendah. hal ini bisa diselesaikan dengan pemimpianngan pemanas atau heater buat merawat suhu air media penetimpiann tetap terhadapnya kisaran yang sesuai.

http://ojolali23.blogspot.com/2017/06/pembenihan-ikan-gurame.html

Leave a comment