proses pembenihan ikan mas koki yang benar

proses pembenihan ikan mas koki yang benar

pemijahan

sesudah sudah siap berpijah barulah kedua induk ini bisa dipelihara bersetara. tkamu induk yang siap berpijah ialah perut akan terkeinginan lembek serta lembut bila diraba. bahkan kalau ditekan sedikit akan keluar telur (betina) serta keluar cairan putih susu/sperma buat induk jantan.

tempat pemijahan mas koki berbentuk bak fiber atau kolam. ukurannya bergantung terhadapnya total induk ikan yang akan difungsikan. bila cuma sepkeinginanng induk, kolam berukuran cm bisa difungsikan. bila pemijahan dilsayakan semetode mkeinginanl dengan induk 2-5 pkeinginanng, paling tak ukuran kolamnya m.

pemijahan akan lebih baik kalau perbandingan antara jantan serta betina 2 : 1, baik buat pemijahan sepkeinginanng maupun mkeinginanl. ini dilsayakan supaya telur bisa terbuahi semuanya. kedalsafe air sebagusnya 15-20 cm. -ke dalam wadanyah bisa dimemberi substrat berbentuk enceng gondok belia yang sudah dijernihkan terlebih dahulu.

pemijahan bikeinginannya berlangsung terhadapnya malam hari atau prematur hari. bila sarangnya dipkeinginanng terhadapnya sore hari, tersebutkan telurnya bisa ditinjau terhadapnya pagi hari berikutnya. namun, kalau belum mau memijah, airnya bisa diubah setengahnya supaya induk jelassang buat memijah. total telur mas koki amat banyak. sesetiap induk

penetkeinginann telur serta pemeliharaan larva/benih

telur yang adanya di enceng gondok bisa dipcantikkan ke dalam wadanyah penetkeinginann. bisa juga bukan telurnya yang dipcantikkan tetetapi induknya. perlsayaan pemcantikan induk akan lebih baik dilsayakan ketimbang pemcantikan telur, alkeinginannnya ialah telur lebih peka serta bisa mengakibatkan telur berserakan ke dkeinginanr perairan.

telur-telur tersebut bikeinginannya akan menetas sesudah tiga hari keluar dari induknya keinginanlkan tak teridap hujan serta menbisa cukup sinar matahari. telur akan menetas menjadi larva ikan serta larva akan mulai berenang sesudah seminggu menetas. terhadapnya dikala larva mulai menetas, enceng gondok bisa dikeluarkan dari wadanyah penetkeinginann. selanjutnya air bisa mulai dialirkan ke dalam wadanyah  atau diubah setengahnya.

terhadapnya usia seminggu larva ikan mas koki sudah bisa dikasi tersebutkannan berbentuk tetkeinginann telur artemia atau infusoria. dua atau tiga hari setelah itu larva bisa dikasi daphnia/kutu air saring. sesudah agak besar (sekitar dua minggu) ikan bisa dikasi cacing rambut serta pelet. usia 3-4 minggu, aktivitas penjarangan bisa dilsayakan. frekudapakahn manisnsi status pemberian pakan 3 kali sehari.

pembesaran ikan mas koki lazimnya dilsayakan di kolam yang agak luas, sekitar 1.5-1.5 m. ketinggian air minimal 25 cm dengan kepnormaan ikan  sekitar 30-40 ekor/m2. pemberian pakan berbentuk pakan natural mirip daphnia (kutu air) dengan frekudapakahn manisnsi pemberian pakan 2-3 kali sehari. buat merawat nilai mutu air, minimal 2-3 hari sekali dilsayakan penyiphonan/ganti air setotal 1/3 volume air.

pembesaran ikan mas koki dilsayakan sampai ukuran 5 cm (seukuran membisueter telur ayam). waktu yang dibutuhkan kurang lebih 3-4 bulan. persentase kepribadian Hayati (survival rate) antara 80-90 %. selama pemeliharaan, kolam sebagusnya tersinari oleh cahaya matahari. hal ini bisa memacu timbulnya pola warna yang cerah terhadapnya badan ikan.

http://ojolali23.blogspot.com/2017/06/budidaya-ikan-mas-koki.html

Leave a comment